--> ▷▷ Cara Cek Lisensi Windows 10 -->

▷▷ Cara Cek Lisensi Windows 10


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Cara Cek Lisensi Windows 10

    Tutorial Cara Cek Lisensi Windows 10 ini akan menjelaskan tentang pengertian lisensi, jenis lisensi serta mengecek lisensi pada laptop / desktop yang kita punya.

    Jadi, dengan mengetahui lisensinya diharapkan Kalian akan memonitor PC / Laptop yang Teman-Teman pakai supaya bisa terus menggunakannya dengan aman dan nyaman, apalagi jika Kalian bekerja di suatu perusahaan dan mendapatkan lisensi jenis Volume, karena ada batas waktunya.

    Lisensi Volume akan dijelaskan lebih lanjut di bagian bawah ya, jadi baca hingga akhir ya.

    Lisensi ini ada beberapa jenis dan masing-masing mempunyai perbedaan dan keunggulan masing-masing.

    Lisensi Microsoft Windows

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal mengenai lisensi, karena lisensi ini menyangkut hak cipta, menyangkut hukum juga serta menyangkut keamanan.

    Baca artikel terkait ini ya : Cara Mendapatkan Product Key Windows 10

    Pengertian Lisensi

    Dikutip dari situs Tokopedia, bahwa lisensi adalah 

    Pemberian izin atau penyerahan hak atau sesuatu dari satu pihak ke pihak lainnya untuk melakukan produksi atas suatu produk atau jasa tertentu yang sebelumnya telah dipatenkan oleh yang menciptakannya pertama kali.

    Jadi, dengan adanya lisensi yang diberikan oleh pihak A kepada pihak B misalnya, maka pihak B akan diberikan kuasa sesuai perjanjian dalam lisensi untuk memperbanyak, memperjualbelikan, memasarkan, menggunakan logo dan lain sebagainya sesuai klausul perjanjian yang disetujui oleh para pihak.

    Contoh realisasinya, suatu perusahaan misalnya Dell mendapatkan lisensi OEM dari Microsoft, maka Dell boleh menginstall pada produk laptopnya Sistem Operasi Windows untuk diperjualbelikan. 

    Jadi, ketika Kalian beli laptop Dell yang sudah ada Windows original, maka Windows tersebut disebut menggunakan lisensi jenis OEM (Original Equipment Manufacture).

    Jenis Lisensi Microsoft Windows

    Kalau untuk jenisnya, Microsoft Windows ada 3 jenis lisensi yang mereka berikan kepada rekanan atau kepada user Windows.

    Diambilkan dari sumber Sindonews, 3 jenis lisensi tersebut adalah :

    1. Lisensi Retail (Full Package)
      Jenis licence ini merupakan lisensi full yang kita dapatkan ketika membeli produk Microsoft Windows dari toko resmi, baik online maupun offline.

      Biasanya kita akan mendapatkan bentuk fisik berupa CD dan juga product Key untuk aktivasinya.

      Disebut retail karena biasanya jenis lisensi ini dibeli oleh orang per orang.

      Kalau harganya sendiri cukup mahal ya. Jadi, silakan pertimbangkan baik-baik sebelum Kalian membelinya.

    2. Lisensi OEM
      Jenis lisensi ini diberikan oleh Microsoft kepada fabrikan dari Laptop. Karena kepanjangan OEM sendiri adalah Original Equipment Manufacture.

      Jadi, produk laptop yang kita kenal dimana didalamnya sudah ada instalasi Windows sebelumnya, bisa dipastikan bahwa Windowsnya menggunakan jenis lisensi ini.

      Kalau untuk harga biasanya sudah jadi 1 dengan harga Laptop, jadi bisa dibilang cukup murah.

      Contoh produk laptop yang Admin pakai menggunakan lisensi ini, nanti akan ditunjukkan pada video tutorial dibawah.

    3. Lisensi Volume
      Kalau untuk jenis lisensi ini biasanya didapatkan oleh badan atau bisa juga perorangan atau PT yang intinya membeli lisensi untuk skala besar (biasanya untuk bisnis).

      1 lisensi bisa dipakai oleh banyak komputer/Laptop sekaligus sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan antara pembeli lisensi dengan Microsoft.

      Ibarat kata beli grosir tapi untuk produk software Windows Microsoft.

      Namanya beli grosir biasanya bisa mendapatkan harga menarik/murah.

      Namun kelemahan dari lisensi ini biasanya dibatasi dengan waktu tertentu sesuai kesepakatan, jadi kalau sudah expired pembeli lisensi ini diminta untuk memperpanjang kembali.

    Jadi, beberapa jenis lisensi tersebut ada perbedaan serta ada kekurangan masing-masing ya Teman-Teman.

    Pastikan Kalian sudah mengetahuinya ya sebelum memutuskan untuk membeli produk Windows, sehingga dikemudian hari tidak ada kendala dan tetap lancar laptop/PC Kalian.

    Cara Cek Lisensi Windows 10

    Untuk melihat jenis lisensi apakah yang kita gunakan pada Laptop kita, yuk Teman-Teman ikuti langkah berikut ini, kita akan memanfaatkan CMD (Command Prompt) :

    1. Buka CMD (Command Prompt) Kalian,

      Untuk cara buka CMD sendiri ada beberapa pilihan, (satu) gunakan shortcut Windows + R lalu ketik CMD dan ENTER, (dua) cari melalui Start Menu kemudian pilih Windows System dan pilih Command Prompt, (tiga) dengan mencari pada Start Menu, yaitu klik Start Menu kemudian langsung ketik saja CMD dan pilih Command Prompt,

      Kalau Admin sih suka yang cara (satu) ya;
    2. Selanjutnya pastekan kode berikut ini pada jendela Aplikasi CMD yang sudah dibuka tadi,
      slmgr -dlv
      atau dengan kode ini
      slmgr /dlv
      Blok salah satu kode tersebut lalu tekan CTRL + C lalu CTRL + V pada CMD;
    3. Maka akan terbuka sebuah jendela lagi yang intinya menjelaskan secara rinci mengenai lisensi Windows yang kita pakai, dan informasi lainnya.

    Video Tutorial untuk Cek Lisensi Windows 10

    Berikut ini akan Admin tunjukkan bagaimana menggunakan kode tersebut diatas untuk mendapatkan informasi lisensi dari Microsoft Windows yang kita gunakan.

    Oiya, pada video tersebut, Laptop Admin menggunakan jenis lisensi apa? Adakah Teman-Teman yang sudah melihatnya? Di bagian atas ada juga clue yang Admin berikan.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman bagaimana Cara Cek Lisensi Windows 10 yang kita punya. Kita bisa mengetahui jenis lisensi apa yang kita punya, kemudian ada konsekuensi apa atas lisensi tersebut.

    Semoga Teman-Teman sudah ada gambaran utuh tentang cara melihat lisensi windows 10, jenis lisensi dan harus bagaimana terhadap lisensi yang kita punya, supaya Kalian tetap bisa aman dan nyaman dalam menggunakan produk dari Microsoft Windows.

    Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, silakan baca artikel lainnya juga ya pada blog ini dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Teman-Teman semuanya.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments