-->

Jalan Jalan ke Pantai Laguna Lembupurwo Mirit Kebumen Jawa Tengah

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Weekend kali ini di Kota tercinta, Kebumen Beriman, sudah lama mungkin sudah hampir 2 tahun tidak ke pantai ini, ya pantai yang lumayan terkenal di Kebumen timur, Pantai Laguna (dikenal juga dengan pantai Rowo, walaupun sebenarnya berada di desa Lembupurwo).

    Foto Satelit Pantai Laguna Lembupurwo Mirit Kebumen
    Sumber : maps.google.com

    Untuk menuju kesana, bagi yang masih bingung, Cek Peta di bawah ini untuk melihat pantai Laguna Lembupurwo.



    Sekarang ini untuk menuju ke Pantai Laguna Lembupurwo cukup mudah, baik yang dari Timur maupun dari Barat, karena sudah ada Jalan Lingkar Selatan (JJLS), kalau di Google Maps Jl. Urut Sewu. Jalan ini sangat mulus, jalan baru, 1 lajur ke barat dan 1 lajur ke timur, hampir mirip seperti jalan Tol sih menurutku, karena lurus, halus, tapi teman-teman jaga kecepatan dan tetap hati-hati ya.
    JJLS jalur Selatan Kebumen (Jl Urut Sewu)
    Sumber : http://www.iqbalkautsar.com/
    Lalu ada apa aja sih di sana? Katanya menarik untuk di kunjungi? Simak di bawah ini ya Teman-Teman.

    Ada tempat parkir, untuk mengakomodasi kendaraan Teman-Teman yang berkunjung kesana, bisa untuk Motor maupun Mobil, dengan kapasitas parkir yang lumayan banyaak, mungkin bisa untuk parkir 20 mobil gtu lah, tapi kalau pas musim liburan lebaran misalnya ada tempat parkir dadakan di area persawahan di sana. Kalau untuk parkir motor mungkin bisa 100 an gitu, jadi jangan khawatir untuk ke sana. Tempat parkirnya juga semi tertutup koq, jadi aman dari panas kendaraannya. Parkir 2 rb motor dan 5rb untuk mobil.


    Hamparan gumuk pasir setelah melewati tempat parkir akan menyambut kita, dengan tinggi gumuk pasir mungkin sekitar 8 meter dengan kemiringan 45 derajat, cukup sebenarnya untuk dibuat sky-atau lebih sering dikenal sandboarding seperti di tempat wisata pantai Parangtristis yang tekenal. Meluncur dari atas puncak gumuk kemudian sampai di air di Laguna, mantuuul kira-kira kalau bisa di realisasikan.


    Dalam moment tertentu juga ada fasilitas flying fox, yang pernah ditemui pada saat Libur Lebaran, dengan jumlah wisatawan yang sangat banyak, dan ketertarikan dengan arena fasilitas ini. Meluncur dari atas gumuk pasir, melewati atas air Laguna dan berakhir di Cemara Udang seberang laguna sebelah selatan. Mantaaap kayaknya, melihat ekspresi orang-orang yang mencobanya, waktu itu soalnya Saya tidak mencobanya langsung. Coba kalau hari-hari biasa fasilitas itu masih ada, mau dooonk mencobanya hehe

    Untuk menuju ke Pantainya ada jembatan dari bambu, kita diminta untuk memberikan sumbangan 2rb, kalau pas surut laguna nya bisa lewat laguna koq. Tapi waktu saya ke sana, masih pagi banget, belum ada kotak untuk menyumbang tadi, jadi gratiiis ahaha Kanan Kiri dari jembatan bambu ini adalah pohon bakau, begitu rimbunnya, menambah keindahan dalam menyeberangi Laguna. Jangan lupa berfoto, tertib dan jaga keselamatan, rawan licin apalagi pagi berembun.


    Cemara udang akan menyambut kita setelah melewati jembatan dari bambu, sejuk di sana, dan rindang serta dingin, cocok untuk bersantai, sering juga di pakai untuk Camping, beberapa event sempat Saya temui di sana saat berkunjung beberapa tahun sebelumnya. Banyak juga penjual yang menjajakan jualannya di sekitar cemara udang ini, kemarin yang saya lihat ada penjual siput yang di warnai gitu (dulu sih nyebutnya kepompong).


    Lanjut di sisi pantainya ada penjual, dengan gubuk-gubuk berjajar, kita bisa pesan pecel dan gorengan serta camilan yang lain, saran saya, makan pecel dan mendoan, mantaaap. Silakan di coba Teman-Teman.


    Hamparan pasir hitam disapu ombak, menambah keindahan sunrise saat itu, hawa dingin di musim kemarau membuat terasa segar sekali, menyejukkan mata dan pernafasan, bermain-main air dengan ombak yang kadang tinggi hingga menyentuh daratan agak jauh, tetap berhati-hati ya jika main air. Ada larangan untuk mandi di laut, namun ada juga yang masih tetap mandi, jaga keamanan ya teman-teman, jaga diri masing-masing.


    Jangan terlena dengan keindahan ombak, jangan terpancing untuk selalu mandi dan mendekat ke air lebih jauh, bahaya, kalau hanya sekedar kena air di kaki, kita bisa agak jauh ke utara, airnya kadang bisa jauh koq. Jaga diri dan keluarga.

    Lumayan refreshing, oiya jangan lupa foto-foto dan share ke socmed, spot foto sebelum menyeberang melewati jembatan bambu juga ada, share untuk mempromosikan #KebumenKeren, Laguna yang indah, jaga keindahan untuk tidak membuang sampah sembarangan.




    Mungkin itu dulu Teman-Teman cerita jalan-jalan ke Laguna Mirit Kebumen, ayo wisata..!! Jaga Kebersihan dan Ketertiban..!!

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    2 comments

    1. Pantai deket dari rumah nih, jadi pengen kesana hehe

      1. Kapan ke sana? jangan lupa ajak-ajak ya