--> ✓✓Blue Screen Windows 10 : Cara mengetahui penyebab dan solusinya -->

✓✓Blue Screen Windows 10


Daftar isi [Tutup]
     
    Blue Screen Windows 10

    Halo Teman-Teman, Pernah tidak kalian menghadapi atau mengalami tiba-tiba terjadi Blue Screen Windows 10 Kalian? Sebal tidak sih?

    Kalau Admin sendiri yang mengalami hal ini sebal sekali, apalagi jika Laptop / PC sedang digunakan untuk hal penting.

    Terlebih jika kejadian blue screen ini berulang atau sering. Lama kelamaan jengkel juga. Lalu apa saja sih penyebab Blue Screen pada Windows 10 ini, cara ceknya bagaimana, kemudian solusinya seperti apa? 


    Akan Admin sharing dalam mengatasi layar biru Windows 10 di Artikel ini Teman-Teman, simak sampai selesai ya.

    Layar Menjadi Biru (Blue Screen) Windows 10

    Sebenarnya yang dimaksud Blue Screen ini apa sih?

    Jadi, kejadian ini adalah kejadian yang tiba-tiba layar laptop atau komputer menjadi biru, dan biasanya muncul notifikasi repair.

    Seperti terlihat pada foto di bawah ini.
    Blue Screen Windows 10

    Bayangkan ketika kita sedang bekerja dan tiba-tiba layar menjadi seperti itu, alhasil kerjaan bisa berantakan ya. 

    Hal ini terjadi tentu ada suatu masalah yang ada di dalam PC atau Laptop sehingga layar tiba-tiba blank dan menjadi biru.

    Cara Cek Bluescreen

    Untuk mengecek driver penyebab munculnya layar biru pada Windows, silakan ikuti langkah berikut ini ya :
    • Gunakan software Bluescreenview, silakan unduh terlebih dahulu di situs ini
      https://www.nirsoft.net/utils/blue_screen_view.html
    • Download dulu dengan klik Download BlueScreenView in Zip File
      Blue Screen Windows 10

    • Buka software yang berekstensi .exe
      Blue Screen Windows 10

    • Kemudian akan otomatis membuka file yang berada di Folder Minidump pada Disk C Kalian
      Blue Screen Windows 10

    • Lihat daftar kejadian yang menyebabkan bluescreen, bisa di sortir juga dari yang terbaru atau kejadian yang sudah lama sekalipun
    • Silakan pilih salah satu kejadian di tanggal tertentu (bisa yang terbaru) kemudian cek pada kolom cause by driver, driver itulah yang menjadi penyebab terjadinya layar laptop menjadi biru.
      Blue Screen Windows 10
    Jika setelah mengetahui driver penyebabnya apa, namun nama drivernya terlihat tidak familiar, silakan searching dulu, biasanya diarahkan ke situs resmi Microsoft untuk mengetahui Driver apa sebenarnya yang menyebabkan crash.

    Solusi

    Untuk memberikan solusi dari layar biru pada Windows 10 sangat tergantung dari driver penyebabnya. 

    Beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya sebagai berikut :
    1. Penyebab dari Driver WIFI, silakan update driver Wifi terbaru, bisa diambil dari situs resmi fabrikan laptop atau PC,
    2. Bad Sector pada Disk, kalau tidak bisa di defrag, bisa di format namun perlu di lihat data-datanya ya, backup terlebih dahulu, atau kalau sudah tidak bisa dinormalkan, solusinya ya ganti hardisk, 
    3. Kalau disebabkan dari Kernel Windows, mungkin bisa upgrade Windows sih untuk solusi permanen,
    4. dll
    Untuk melihat berapa kali Laptop atau PC Kalian mengalami bluescreen, silakan bisa dilihat berapa jumlah file di folder minidump, ada banyak file yang berekstensi .dmp

    Letaknya di C:\Windows\Minidump.
    Blue Screen Windows 10

    File .dmp tersebut menunjukkan terjadinya layar berubah biru pada Windows 10 Teman-Teman, semakin banyak file itu, berari sering mengalami hang atau layarnya biru.

    Bagi Teman-Teman juga yang mungkin mau membeli laptop second, bisa melihat jumlah file .dmp tersebut, kalau ada banyak filenya, berarti sering error laptopnya.

    Penyebab Blue Screen pada Windows 10 milik Admin

    Yang menjadikan layar biru ada beberapa hal penyebabnya, tergantung dari masing-masing laptop. Yang sering Admin alami penyebabnya adalah pada driver Wifi.

    Jadi waktu itu Admin menggunakan driver Wifi milik pihak ketiga, yaitu Cisco. Mungkin karena tidak bekerja dengan baik, atau memang sudah kadaluarsa (versi lama), dan sudah tidak support di Windows 10 Admin, jadi sering Crash yang akhirnya menjadi blue screen.

    Driver Wifi Admin yang lain yaitu dari bawaan Laptop (manufaktur laptop). dan ketika layar biru muncul, ada notifikasi bahwa driver netwtw10.sys tidak bekerja dengan baik.


    Setelah mencari informasi, ternyata yang itu adalah driver Wifi dan disarankan untuk mengupdate driver tersebut dengan mengambil di website fabrikan laptop.

    Pernah juga Admin alami kejadian ini disebabkan oleh Driver atau kernel dari Windows sendiri. Dan semua sama akan menyebabkan layar laptop menjadi biru.

    Kalau punya Teman-Teman disebakan karena apa? Coba tuliskan di kolom komentar ya.

    Penutup

    Semoga dengan adanya artikel ini tentang cara mengetahui Blue Screen Windows 10 Kalian semakin tercerahkan ya, dan tidak bingung lagi kenapa dan mengapa hal itu bisa terjadi.

    Harapannya adalah setelah mengetahui driver atau penyebab layar biru tersebut, Teman-Teman bisa segera memperbaiki, sehingga terbebas lagi dari permasalahan layar biru pada Windows 10 Kalian. Semoga Bermanfaat ya.



    Tema Blogger SEO Friendly

    Template Blogger Terbaik


    Artikel Unggulan



    Hosting dan Domain MURAH




    Berlangganan Via Email

    Tulis Alamat Email


    Comments