Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Semoga Teman-Teman dan pembaca di blog ini selalu diberikan kesehatan ditengah pandemi covid19 ini. Untuk Teman-Teman tetap berusaha #stayathome #tetapdirumah #jagajarak ya, sebisa mungkin diusahakan, ini menjadi prioritas ya Teman-Teman.

Yuk kita ikuti anjuran pemerintah dan juga membantu para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya, caranya ya dengan #dirumahaja.

Memang tidak semuanya bisa dirumah terus ya Teman-Teman, satu yang pasti kebutuhan sehari-hari kita, kebutuhan pokok kita yaitu makan yang mau tidak mau harus keluar rumah.

Memang saat ini sebagian orang mengandalkan beli kebutuhan pokok dengan online, sah sah saja memang, namun juga tidak semuanya bisa belanja online karena mungkin harga yang terlalu mahal jika menggunakan jasa online.

Ini yang beberapa waktu lalu Saya rasakan sendiri, beli bakso sama ongkirnya sama, padahal dengan jarak yang tidak terlalu jauh juga. Jadi ya berfikir-fikir untuk belanja online lagi.

Jadi ya lebih memilih untuk belanja bulanan secara langsung saja ke tempat / pusat belanja, sehingga bisa lebih hemat tentunya, dengan menerapkan protokol covid19, ya minimal pakai masker dan juga jaga jarak aman dengan orang lain saat belanja bulanan.

Untuk Teman-Teman yang mau belanja bulanan yuk cek tips berikut ini saat Ramadhan seperti ini di tengah pandemi covid19.

  1. Berhemat, ya dengan mencatat kembali pos-pos anggaran yang mungkin di bulan - bulan sebelumnya membengkak, di tengah pandemi seperti ini, pos belanja bulanan kita di hemat dan di maksimalkan. Contohnya pos anggaran untuk nonton, untuk jalan-jalan bisa di alihkan untuk belanja bulanan. Ingat, belanja bulanannya jangan panic buying juga ya Teman-Teman.
    .
  2. Beli makanan yang bertahan lama, contohnya bisa beli Mie Instan namun ini untuk kondisi darurat saja ya Teman-Teman tidak untuk dimakan setiap hari juga, kemudian beli sosis atau nugget yang bisa di simpan dalam jangka waktu bulanan di kulkas kita.
    .
  3. Beli beras cukup untuk 1 bulan, karena beras makanan pokok, alangkah lebih baik kalau belanja beras untuk kebutuhan sekalian 1 bulan minimal, hal ini untuk menghindari sering ke tempat belanja bulanan ya.
    .
  4. Untuk sayuran, karena tidak bisa bertahan lama, bisa membelinya 1 kali per minggu nya, dan ditempat yang dekat dari rumah, jadi tidak banyak berhubungan/bertemu dengan orang lain.
    .
  5. Belanja bulanan di toko yang lengkap, saran saja jangan ke minimarket, karena di minimarket yang biasanya, harga berbeda lumayan dengan toko kelontong yang lengkap.
    .
  6. Kalau Teman-Teman sering belanjanya ke Pasar, bisa minta dicatat belanja via Whatsapp atau SMS mungkin ke penjual langganannya agar di pasar tidak terlalu lama, mempersingkat waktu saat belanja, jadi sampai pasar langsung menuju ke penjual dan bayar, selesai.
    .
  7. Untuk Teman-Teman yang memang benar-benar tidak mau keluar rumah, untuk belanja sayuran dan kebutuhan dapur lainnya, bisa memanfaatkan aplikasi pembelian sayur online, ketik saja di Google Play sayur online, nanti banyak pilihannya, hal ini cocok untuk Teman-Teman yang berada di wilayah jabodetabek, diluar daerah itu hanya beberapa aplikasi yang support.
    .
  8. Jika Teman-Teman mau belanja baju misalnya untuk lebaran (ya walaupun berkunjung ke tempat lain dibatasi), bisa memanfaatkan aplikasi belanja online dan cari diskon, cari yang free ongkir dan sebagainya, intinya cari yang hemat deh, dan kita juga dapat euforianya Ramadhan dengan membeli baju baru seperti tahun sebelumnya.
    .
  9. Manfaatkan WA Grup Komplek, RT atau Tetangga, maksudnya adalah bisa memanfaatkan Grup tersebut untuk saling membuka Jasa Titip ketika ada yang mau belanja di luar, jadi kita atau tetangga kita tidak harus keluar rumah untuk belanja, bisa titip ke tetangga atau kita sendiri yang berangkat ke tempat belanja untuk saling membantu. Tentu titipnya juga proporsional ya, tidak titip belanja yang banyak.
    .
  10. Manfaatkan tukang sayur keliling, jadi kita bisa belanja dengan memanfaatkan tukang sayur keliling, daftar belanja kita, bisa kita WA ke tukang sayur keliling, jadi tukang sayur keliling sudah menyiapkan barang belanja kita.

    Ketika tukang sayur datang langsung menyodorkan belanja yang kita minta, untuk menghindari pertemuan bisa juga belanjaan kita taruh di pagar dan uangnya taruh di tempat aman dekat pagar, atau bisa juga di transfer. Kalau barang belanjaan sudah datang segera di ambil, kalau ada ikannya nanti malah di ambil kucing duluan.

Kira-Kira itu Teman-Teman tips untuk belanja bulanan, kalau ada masukkan dari Teman-Teman silakan berkomentar ya, atau ada tips yang lain dari Teman-Teman bisa juga berkomentar di bawah. Kita bisa saling membantu dengan membagikan informasi agar Teman-Teman yang lain bisa efektif dalam belanja bulanan, sehingga kita membantu juga agar covid19 ini segera hilang dari dunia ini.

Semua orang berharap seperti itu, dan #tetap dirumah aja #jaga jarak

Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi