Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Selamat berpuasa yaa bagi yang sedang berpuasa..

btw..pernah nggak Teman-Teman mengalami cegukan saat berpuasa? Setelah sahur dan sholat subuh lalu cegukan? itu sangat sangat menjengkelkan yaa...hehe

Dan Admin sendiri pernah mengalami hal ini, waduuuh rasanyaa, nggak enak dan sebal hahaha mau minum udah nggak boleh, duuuh, padahal setahu Admin waktu kemarin itu, untuk menyembuhkan cegukan ya dengan minum air putih yang lumayan cukup hingga "antog" alias bersendawa.

Duh puas rasanya kalau setelah cegukan, minum air lalu sendawa, langsung sembuh deh cegukannya. Dan hal itu tidak bisa kita lakukan saat berpuasa, ya doonk, batal nanti hehe

Bahkan Admin sampai 2 kali cegukan saat puasa, yang pertama cegukan bahkan setelah sholat subuh dan berlangsung lumayan lama, mungkin sekitar 20 menit cegukan, betapa rasanya ingin segera minum kalau  begitu..

Nggak jadi minum donk, hanya nafsu sesaat koq, akhirnya setelah bersabar selesai juga cegukan ini, legaa rasanyaa.. Waktu itu ya di diemin saja hingga cegukan selesai sendiri.

Nah yang kedua cegukan pagi ini sekitar jam 7.30 pagi, cegukan beberapa kali dan merasa sebal sendiri, dan inisiatif donk untuk googling, searching, dan akhirya menemukan cara dan caranya cukup sederhana, dan tentunya tidak membatalkan puasa donk ya.

Tidak minum ya Teman-Teman, karena sedang puasa, dan caranya adalah, "Ambil nafas dari hidung dengan pelan dan dirasakan hingga banyak/paru-paru mengembang maksimal, lalau tahan nafas kalu bisa sampai 10 detik atau sekuatnya dan rasakan udara yang masuk ke paru-paru kita, lalu keluarkan pelan-pelan melalui mulut", ulangi hal tersebut hingga 3-4 kali sesuai kebutuhan.




Kalau Admin sendiri cukup 1 kali percobaan langsung selesai cegukannya, terlihat lucu tapi langsung ces pleng, manjuuurr.. Alhamdulillah, puasa tidak batal, cegukan pun pergi hehe

Sekian Teman-Teman sharing tentang cegukan saat puasa, semoga puasa kita lancar dan full sampai akhir bulan puasa ini. Jika Teman-Teman punya cara lain untuk mengatasi cegukan saat puasa, bisa juga donk di sharing kan di post ini, dengan menuliskannya di kolom komentar.

Ditunggu ya Teman-Teman, kalau memang bermanfaat bisa donk di posting ke socmed Teman-Teman biar banyak yang tahu hehe

Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi